4 Hal Penguras Energi Kerja

Sabtu, 08 November 2014 - 12:54 WIB
4 Hal Penguras Energi...
4 Hal Penguras Energi Kerja
A A A
Kita semua memiliki energi terbatas setiap hari. Banyak energi yang sudah terkuras untuk urusan keluarga, pembayaran tagihan, karier, dan bersosialisasi. Mengapa perlu menambah beban pikiran Anda dengan masalah pekerjaan yang sesungguhnya tidak perlu dipikirkan? Tanpa disadari, memikirkan masalah-masalah akan menguras energi dan mengganggu fokus. Berikut ini hal-hal yang membuat Anda membuang energi dalam pekerjaan.

PROSEDUR TIDAK EFEKTIF

Anda mungkin menemukan prosedur yang dapat lebih menghemat waktu dan tenaga dibandingkan dengan prosedur saat ini dan telah menginformasikannya kepada atasan. Namun, bila atasan Anda lebih mendukung cara lama, berhentilah untuk mempermasalahkannya.

Memaksakan kehendak akan membuat Anda terlihat seakan tahu segalanya dan tidak menghargai keputusan orang lain. Fokuslah mengerjakan pekerjaan Anda semaksimal mungkin dengan prosedur lama.

REKAN KERJA MALAS

Melihat rekan kerja Anda malas bekerja terkadang memang menyebalkan. Namun, kinerja rekan kerja bukanlah urusan Anda. Informasikan hal ini kepada atasan jika kinerja rekan kerja berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan Anda. Sebaliknya, abaikan jika tidak memengaruhi apa pun. Anda akan terlihat meragukan keputusan atasan bila Anda membahas hal ini terus-menerus.

MULTITASKING MANIA

Orang-orang yang terbiasa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu memang terlihat sibuk. Namun, hal ini tidak meningkatkan produktivitas, sebaliknya mengurangi kualitas kerja. Berhentilah melakukan pekerjaan sekaligus. Fokus dan selesaikanlah pekerjaan satu per satu. Dengan fokus pada satu pekerjaan, target Anda akan lebih cepat tercapai dengan kualitas lebih baik.

PESAN PENTING

Nada peringatan pesan masuk kerap membujuk kita untuk segera membukanya. Kebiasaan ini dapat mengganggu kinerja bila Anda terusmenerus memikirkan informasi apa yang perlu saya ketahui? Informasi apa yang mereka butuhkan dari saya? Coba tanyakan kepada diri Anda berapa banyak email masuk dalam sehari yang butuh dibalas dengan segera? Jika memang penting, seseorang akan langsung menghubungi Anda melalui telepon atau pesan singkat. Berhentilah untuk terus-menerus langsung membalas email masuk. Sediakanlah waktu khusus untuk membalas email. Mematikan suara komputer dan telepon genggam dapat membantu mengurangi kecenderungan ini.

Claudia carla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)